
Setiap perusahaan saat ini berusaha menemukan cara terbaik untuk menjangkau pelanggan mereka. Ini bukan tugas yang mudah karena pelanggan selalu memiliki berbagai preferensi. Sebuah perusahaan dapat bebas memilih untuk menggunakan pendekatan marketing tradisional atau mereka dapat menggunakan pendekatan omnichannel.
Manfaat pendekatan omnichannel untuk bisnis adalah memungkinkan mereka untuk menawarkan produk dan layanan mereka dengan segala cara yang memungkinkan, mulai dari aplikasi seluler, media sosial hingga toko fisik.
Berikut adalah manfaat dari pendekatan omnichannel;
1. Memungkinkan pelanggan untuk berbelanja dan melakukan bisnis dengan mudah.
2. Pendekatan omnichannel memberi pelanggan kesempatan untuk mengakses dan membeli dari penjual melalui berbagai saluran seperti aplikasi seluler, situs web, dan media sosial.
3. Penjualan Omnichannel membantu pengecer meningkatkan pendapatan mereka.
4. Omnichannel memungkinkan pengecer mengembangkan produk baru lebih cepat dengan menawarkannya di berbagai saluran dan kemampuan untuk mengintegrasikan dan berinovasi.
5. Toko Omnichannel dapat mencakup berbagai produk dan layanan di dalam toko fisik atau online, dengan kata lain memiliki kemungkinan pembelian yang tidak terbatas.
Omnichannel KPI
Omnichannel marketing adalah proses yang kompleks. Keberhasilan sebuah kampanye omnichannel marketing tergantung pada banyak faktor yang sulit diukur, seperti respon emosional konsumen.
Inilah sebabnya mengapa pemasar perlu menemukan metrik yang dapat digunakan di semua saluran dan platform untuk mengukur efektivitas pemasaran. Misalnya, metrik keberhasilan saluran omni seperti tingkat konversi, nilai umur pelanggan, dan biaya akuisisi pelanggan. Kumpulan metrik ini bisa anda jadikan patokan dalam menyusun omnichannel KPI.
Omnichannel KPI adalah metrik yang mengukur keberhasilan digital marketing campaign dalam konteks customer experience. Metrik ini penting karena membantu meningkatkan customer experience dan mendorong tingkat konversi.
Omnichannel KPI penting khususnya untuk eCommerce karena membantu memahami bagaimana pelanggan berinteraksi dengan produk dan merek anda.
Mereka memberikan wawasan tentang apa yang mendorong pelanggan untuk membeli dari anda dan apa yang mencegah mereka melakukan pembelian, data yang di hasilkan dari pengukuran ini akan membantu anda membuat perubahan untuk meningkatkan skala bisnis anda.
Cara Menyinkronkan Strategi Marketing dengan Omnichannel KPI
Sinkronisasi strategi marketing dengan omnichannel KPI adalah proses menyelaraskan aktivitas pemasaran dengan tujuan bisnis anda.
Omnichannel memberi fasilitas kepada anda untuk menggunakan pesan yang sama dan menyampaikannya dengan cara yang sama di semua titik kontak platfom yang anda gunakan untuk marketing.
KPI dimulai ketika customer menemukan jejak digital tentang bisnis anda, baik berupa tweet, atau apa pun yang berbicara tentang brand anda.
Pesan yang anda berikan ke audience yang menjadi target marketing anda harus konsisten sepanjang season campaign, sehingga mereka tahu apa yang akakn mereka dapatkan dari produk anda ketika mereka akhirnya memutuskan membeli.
Ada 2 jenis sinkronisasi dalam Omnichannel Marketing yaitu:
- Sinkronisasi pesan: Pesan pemasaran harus sama di setiap titik kontak di sepanjang customer journey.
- Sinkronisasi konten: Konten yang muncul di depan pelanggan Anda selama customer journey juga konsisten atau sama.
Penutup
Omnichannel adalah masa depan digital marketing, bisnis harus mengadopsi tren ini untuk tetap kompetitif. Omnichannel adalah konsep menggunakan semua saluran yang tersedia untuk menjangkau pelanggan.
Pendekatan marketing ini memungkinkan bisnis untuk memberikan pengalaman yang mulus bagi pelanggan mereka, apa pun saluran yang mereka pilih.
Masa depan marketing akan bersifat omnichannel, jadi sebaiknya bisnis anda mulai mengadopsi teknik ini sekarang.